Diberdayakan oleh Blogger.

Membuat Clutch dari Kulit Kayu Bersama Brother

Wanita memiliki berbagai jenis must-have-item untuk fashionnya, salah satunya adalah clutch. Biasanya tas  ini digunakan pada berbagai acara-acara formal dengan bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Ada ukuran kecil yang hanya cukup untuk handphone, dompet kecil, dan lipstick. Ada juga clutch yang berukuran besar yang bisa menampung lebih jenis barang. Warnanya pun cantik-cantik, dari warna dasar hingga yang blang bling blang bling dan menyilaukan mata. Biasanya para perempuan akan menyesuaikan warna clutch dengan busana yang digunakan agar terlihat cantik dan elegan.


Bagaimana dengan bahan dasar clutch? Saya sendiri memiliki beberapa clutch yang terbuat dari berbagai jenis bahan, dari kulit, kain, hingga batik. Warnanya pun bermacam-macam, mulai dari merah, cokelat, hingga hitam. Saya sangat menyukai koleksi clutch tersebut . Namun demikian,  sampai sekarang saya masih mencari clutch lain yang unik dan berbeda untuk menambah koleksi clutch saya yang sudah ada.

Dan pas banget, saat saya sedang hunting clutch baru, ada Mbak Astri Damayanti yang bekerja sama dengan Mesin Jahit Brother menggelar workshop membuat clutch. Asyik.... asyik...asyik...  Clutch yang akan dibuat dari bahan kulit kayu. Saya langsung sudah bisa membayangkan cutch yang rada etnik dengan bahan kulit kayu yang  khas Sulawesi  Tengah. Yes... Saya pun langsung mendaftarkan diri pada workshop yang  dilaksanakan pada tanggal 12 November  di  teras Museum Tekstil Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Stasiun Tanah Abang  ini.

Dan Workshop Pun Dimulai
Saya datang lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan. Ketika saya sampai di tempat workshop, masih banyak anak-anak SMK yang sedang sibuk menyelesaikan pembuatan clutchnya. Saya harus menunggu giliran berikutnya setelah mereka. Saya  kemudian melihat-lihat sebentar Museum Tekstil yang tampak astri dan hijau. 
Mesin Jahit Brother
Tak beberapa lama, giliran kai, para blogger, datang. Mbak Astri Damayanti memberikan berbagai alat dan bahan, mulai dari gunting, jarum pentul, berbagai jenis bahan, kancing, dan kulit kayu. Saya pun dengan serius mendengarkan penjelasan-penjelasan yang diberikan Mbak Astri.

Maklum newbie yang sama sekali belum pernah ikut workshop semacam ini.

Menjahitt Clutch dengan Mesin Jahit Brother
Awalnya  saya sempet “minder” ikut workshop ini karena belum pernah menjahit sekali pun, palingan saya hanya pernah membantu memasukkan jarum dulu saat mama masih sering menjahit.
Namun selalu ada yang pertama untuk sesuatu. Sekarang saatnya menjahit kain yang sudah disusun dan disetrika dengan kulit kayu di antara kain berbau etnis Indonesia. Saya duduk dengan nyaman di sebuah kursi di depan mesin jahit Brother dan seorang instruktur mengajari saya cara menjahit dengan sangat sabar.
“Silakan Ibu pilih jenis jahitan yang ibu inginkan.” Katanya mempersilakan.

Menyusun bahan dan kulit kayu
Ada 25 jenis jahitan yang bisa saya pilih, dari bentuk tangkai, bunga, hingga prisma. Dengan mesin jahit Brother, kita bebas menuangkan kreativitas. Kita bisa menghias clutch dengan kombinasi satu, dua, tiga, bahkan empat jenis jahitan sekaligus  dalam clutch. Tergantung kreativitas masing-masing. Semua jahitannya cantik-cantik sampai saya kebingungan yang mana yang akan pilih. Selagi menjahit, pikiran saya melayang ke beberapa tahun yang lalu saat mama saya masih aktif menjahit. Mesin jahit di rumah hanya bisa menjahit lurus saja, menyatukan bahan-bahan yang telah dipotong menjadi atasan, gaun, ataupun celana. Sungguh teknologi  Brother sudah sungguh bisa diandalkan.

Bebas Berkreasi dengan Mesin Jahit Brother
Selain itu, ada satu lagi kelebihan Mesin Jahit Brother. Mesin jahitnya ada pemotong benangnya sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunakan gunting. Ini benar-benar praktis. Hal lain lagi yang saya ingat, mesin jahit ini memiiliki lampu sehingga jika Anda akan memasukkan jarum, Anda tidak akan kesulitan karrena akan ada cahaya yang akan meneranginya. 

Fitur Lain Mesin Jahit Brother
Hal kecil memang tetapi bagi saya ini sungguh bermanfaat. Ini merupakan catatan kecil saya pada saat workshop clutch beberapa waktu yang lalu.Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Share on Google Plus

About sontafrisca

Usaha tidak akan pernah sia-sia jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar